Post Page Advertisement [Top]

Celine Claudia (Doc. Pribadi)
Jakarta - Influencer Celine Claudia memberikan pendapatnya tentang jurusan kuliah yang sedang ia tekuni saat ini. Mahasiswi Semester akhir dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) jurusan Corporate Communications ini memberi penjelasan perbedaan jurusan Komunikasi yang ia ambil dengan jurusan Komunikasi yang lain. Menurutnya, Corporate Communications dan Marketing Communications punya peranan yang berbeda namun saling berkaitan. 

"Perbedaannya sebenarnya tidak jauh hanya saja “siapa yang dihadapi” oleh kami sebagai pekerja PR (Public Relations)  yang berbeda. Corporate Communications akan memusatkan konsentrasinya kepada hubungan dengan para Investor serta menjaga citra dan reputasi perusahaan, sedangkan Marketing Communications akan memusatkan perhatiannya kepada peningkatan penjualan sebuah product. Namun pekerjaan mereka saling bersebrangan dan membantu satu sama lain"jelasnya

Celine menjelaskan apa saja hal yang perlu dilakukan oleh orang yang serius ingin masuk di corporate communications 

"Tipsnya adalah banyak membaca buku tentang komunikasi dan perluaslah wawasan kalian. Karena anda akan berhadapan dengan banyak orang dengan bermacam-macam latar belakang. Anda harus bisa untuk masuk kesemua golongan manapun"saran Celine. 
Lebih lanjut , Celine memberikan saran kepada calon mahasiswa komunikasi , modal apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menjadi PR yang baik. 

"Sebagai praktisi PR, Anda akan sangat memerlukan seni berkomunikasi, kepercayaan diri yang tinggi serta Teknik persuasi yang baik. Kita perlu memahami bagaimana seseorang dapat merasa nyaman ketika sedang berbicara dengan kita dan kita juga dapat memberikan, memaparkan, menjelaskan informasi dengan terstruktur dan dikemas dengan jelas sehingga sang komunikan dapat menerima pesan dengan baik"jelas Celine. 

Selain saran yang disampaikan diatas , terdapat juga beberapa hal yang sebaiknya dihindari oleh seorang PR. Diantaranya adalah membatasi berbicara berlebihan sampai keluar dari konteks serta komitmen.

"Mungkin bukan tentang pantangan, melainkan hal-hal yang harus dihindari adalah “berbicara terlalu banyak sehingga keluar dari konteks”. Perlu kita ketahui bahwa terkadang saat berbicara terkadang kita perlu untuk menahan mulut kita sehingga jangan sampai informasi yang seharusnya tidak diberikatakan tidak keluar dari mulut kita. Oleh karena itu sangat diperlukan pengendalian diri dan komitmen"ungkap Celine.

Celine memberikan motivasi kepada orang yang berniat untuk masuk jurusan Komunikasi tetapi memiliki kecenderungan kurang percaya diri saat dan bahkan gugup saat berbicara di depan umum atau biasa kita temui pada pemilik Gangguan Kecemasan serta beberapa Introvert yang ada di muka bumi ini. Menurut Celine, apapun bisa dihadapi dengan niat dan kerja keras. 

"Tentu saja, semuanya bisa dipelajari asalkan ada niat untuk itu semua. Dulunya, siapa sangka saya juga seorang gadis yang pemalu dan tidak percaya diri. Sulit untuk saya bias dapat berbicara dengan orang baru dengan mudah hahaha"ucap Celine dengan semangat. 

Adapun Celine juga memiliki tips untuk bisa menghadapi kegugupan yang terkadang hinggap saat hendak ,berbicara di depan umum. Menurut Miss UMN 2017 ini , yang pertama harus dilakukan untuk mengatasi kegugupan ini adalah berpikir positif. 

"Berpikir positif. Sewaktu kita hendak berbicara depan umum, seringkali muncul pikiran-pikiran negatif yang berdengung di dalam kepala kita seperti: Ah jangan-jangan penampilanku masih ada yang belum beres, jangan-jangan orang akan menertawaiku, atau orang tidak akan suka dengan kehadiranku. STOP! Kita harus menenangkan diri kita sendiri dan mengalihkan pusat perhatian kita dengan sesuatu yang positif namun tetap konsentrasi. Caranya bagaimana? Hanya anda yang tahu bagaimana"saran Celine.

Selain memberikan tips menghilangkan rasa gugup yang hinggap saat di depan umum , Celine juga memberikan saran bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri saat tampil di  depan umum. 

"Selalu berpikir bahwa ada sesuatu yang penting yang mereka semua tidak ketahui dan akan saya bagikan kepada mereka. Saya penting. Materi yang saya bawakan akan bermanfaat untuk mereka, dan yang terpenting: SAYA SUDAH LATIHAN DENGAN BAIK serta mempersiapkan diri"uca Celine dengan percaya diri. 

Lebih lanjut lagi , Celine juga mengungkapkan pentingnya membaca buku dalam sarana memahami ilmu berkomunikasi. Seperti kita ketahui banyak orang Indonesia yang saat ini mulai kehilangan budaya membaca seperti yang diketahui saat ini Indonesia menduduki peringkat ke 62 dari 70 untuk urusan "Minat Membaca Buku" versi PISA. 

"Banyak membaca buku itu penting. Kebanyakan orang sering menganggap remeh membaca buku dengan alasan membuang-buang waktu. Tapi percayalah semua orang sukses pasti banyak menghabiskan waktu untuk membaca buku"jelas Celine. 
Dari banyaknya mata kuliah yang tersedia di Corporate Communications , Celine sangat menyukai mata kuliah Corporate Social Responsibility dan Investor relations. 

"Saya paling senang dengan Corporate Social Responsibility dan Investor relations. Entah mengapa, mungkin kedua mata kuliah ini adalah bekal untuk mengantarkan saya membuka perusahaan saya sendiri"ungkapnya. 

Adapun terdapat pula mata kuliah yang ilmunya bsia menginspirasi Celine dalam kehidupan sehari-hari. 

"Design Thinking dan Technopreneurship, mungkin tidak semua universitas menyediakan mata kuliah seperti di UMN atau mungkin terdengar asing. Namun menurut saya kedua mata kuliah tersebut sangat menginspirasi saya untuk maju terus kedepan dan makin berpikir kritis untuk masa depan saya"jelas Celine. 

Menurut Celine jenjang karir seorang corporate communications tak sebatas hanya menjadi seorang PR saja. Melainkan bisa mengambil banyak bidang hingga bisa menjadi seorang CEO. 

"Jenjang karir di ilmu komunikasi tidak terbatas. Anda bisa menjadi CEO untuk perusahaan anda sendiri"ucap Celine dengan penuh percaya diri. 

Bersambung ke Bagian 2

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Bottom Ad [Post Page]