Post Page Advertisement [Top]


Presenter cantik Kartika Berliana (Doc. Pribadi)
Jakarta - Kartika Berliana membagikan tips kepada anak muda yang tertarik untuk terjun menjadi presenter atau host. Ditemui pada Jumat (5/4) dalam sela-sela kesibukannya sebagai presenter di salah satu Televisi Swasta, Dara manis asal Jakarta ini memberikan empat tip yang tentunya bisa dijadikan patokan dalam menempa diri untuk menjadi presenter yang baik.

"Pertama, percaya diri aja. Terus yang kedua percayalah pada diri sendiri, jangan percaya orang lain. Ketiga, banyak-banyak baca buku atau informasi dari segala media , bisa media sosial, media online apapun, keempat ya perlu jam terbang (pengalaman) sih, kayak misalnya saat masih kuliah terus ada event-event yang kayak jadi moderator di seminar , terus kayak jadi MC pensi atau segala macem ambil aja , terus juga jadi MC ulang tahun itu kan jam terbang juga, jadi banyakin di muka umum dulu lah"jelasnya secara gamblang memberikan tip yang tidak ternilai tersebut . 
Kartika yang pada awalnya pertama mengambil job sebagai presenter olahraga dalam program Lensa Olahraga ANTV pada sekitar 2016 yang lalu ini mengaku tertolong dengan kebesaran nama Lensa Olahraga. Sehingga ia bisa mengambil beberapa job lain setelahnya.

"Karena Lensa Olahraga merupakan program olahraga yang legend banget , dan orang tahu lah Lensa Olahraga yang mana, jadi kayak di highlight banget orangnya dan dari situ mulai terbuka banyak gerbang (job host di Televisi dsb)"ucapnya dengan bangga sekaligus mensyukuri apa yang ia sudah dapatkan sampai sejauh ini . 
Pengalaman demi pengalaman telah Kartika raih sebelum menjadi presenter di acara sport, meski begitu ia mengaku masih saja kesulitan saat harus berbicara di depan kamera. Baginya itu adalah hal yang berbeda.

"Aku kalau MC ya dimana aja karena kebetulan sebelumnya aku itu Duta Kementerian Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KUKM) terus kayak Duta BNN juga jadi kayak bantu banyak event-event kementerian , jadi aku udah membiasakan diri untuk nge MC di depan banyak orang, jadi makanya waktu coba di lensa olahraga susahnya itu biasanya ngomong di depan orang beneran, sama di depan kamera kan beda"ceritanya menjelaskan pengalaman panjangnya berbicara di depan banyak orang .

Kemudian Dara bertubuh tinggi semampai 170 cm ini menjelaskan pentingnya memberikan feedback sebaik mungkin kepada klien agar menjadi repeat order, karena profesionalitas dan kedisiplinan yang dijunjung oleh Kartika sejak awal.

"Niat, jadi kayak misalnya nih sekarang aku dapet job jam 6 nih, aku benar-benar sampai sini jam 5. Kan kalau kayak gitu dilihat juga sama klien gitu, kita benar-benar punya kredibelitas nggak untuk kerjaan ini ? dan tanggung jawab juga , dan kalau kayak gini kan repeat order . kayak klien senang nih, Kartika nggak pernah terlambat. Kayak on time orangnya, terus kayak bagus kerjaannya , kan itu kayak repeat order"jelasnya . 
Terakhir , saat ditanya ketertarikan Kartika yang saat ini juga mengambil job sebagai host Infotainment ini  untuk menjadi News Anchor nanti, dengan tegas Kartika mengutarakan ketidaktertarikannya.

"Jujur aku nggak ada minat jadi News Anchor , karena News Anchor itu kan aku melihat juga nih jam kerjanya, terus tipikal pekerjaannya , aku kurang suka yang serius gitu. Aku suka yang sport aja apalagi aku juga suka bola kok, jadi jalanin yang aku suka aja"ujarnya menolak sambil memberikan alasan yang logis .  (MAr.)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Bottom Ad [Post Page]