Post Page Advertisement [Top]

DJ Zabylla (Doc. Pribadi)
Jakarta - Menjalani profesi sebagai DJ bukanlah hal yang mudah. kesehatan dan mental yang bagus sangat diperlukan dalam menjalani job sebagai DJ. DJ asal Indonesia yang menduduki peringkat 20 DJane Asia 2018, Zabylla menceritakan pengalamannya menjalani profesi sebagai DJ sambil menjelaskan alasan ia sangat menyukai industri dance music. 
"Waktu aku jaman masih sekolah dulu, tepatnya saat SMP aku sering party terus banyak kenal teman DJ dan akhirnya diajarin sama mereka. jadi karena aku suka musik dan dari dulu suka Party aku memilih profesi ini"



Zabylla lalu membagikan pengalamannya saat tertahan di Georgia seusai tampil disalah satu event saat tour Eropa Timur. "jadi dulu aku sempat ada masalah di Georgia sampai susah pulang. jadi ternyata disana sedang ada konflik dan aku nggak tahu menahu soal itu, jadi pada hari itu orang-orang di Airport , penerbangan di cancel semua, akunya juga sih dulu pergi nggak cek apa-apa , main pergi aja"



Meski begitu, nampaknya Georgia telah menjadi destinasi favoritnya selain Armenia. Terlihat jelas saat Zabylla kemudian ganti menceritakan pengalaman menariknya saat tampil di Festival Musik terbesar di Eropa Timur, GemFestival 2017.  GemFestival adalah Festival Dance Music besar yang rutin diselenggarakan di Georgia dan selalu dipenuhi oleh DJ kenamaan dunia seperti Steve Aoki, Axwell Ingrosso, Martin Garrix , Aly & Fila dll. Festival ini juga menjadi Festival dengan jumlah penyelenggaran terlama di dunia.

"rasanya senang banget bisa tampil satu event sekaligus tampil di event sebesar itu. pengen rasanya satu lineup lagi, suka banget. set mereka oke oke, parah. Aku juga baru lihat festival secara real terbesar ya festival itu. mereka sampai mengundang 500 top electro dj dunia"
DJ yang mengidolai Martin Garrix dan punya mimpi untuk bisa tampil di Tomorrowland, Surga pecinta Dance Music dan Rave Party di Belgia ini kemudian juga berbicara tentang cara menjaga kondisi mental dan kesehatan agar tidak down saat berkarir sebagai DJ. Terlebih profesi DJ yang sering manggung dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan banyak energi dan fokus.


"nah bener tuh (profesi DJ rentan dengan masalah kesehatan fisik dan mental) Aku kalau sedang tour , sudah pasti jadwal tuh padat banget dan jarang juga langsung drop kena typus dll. kalo urusan mental sih pertama dimanapun Aku perform jangan dibawa stress. harus  Happy. Kalau menyangkut kesehatan, sebisanya ada waktu untuk tidur, harus istirahat" lebih lanjut Zabylla menjelaskan ada banyak faktor yang menyebabkan seorang DJ mengalami penurunan mental.
"ada banyak (faktornya) mungkin karena ratingnya lagi turun dan lain halnya"
Zabylla juga telah merilis lagunya , lagu hasil kolaborasinya bersama Night Fury dan Ayu Adhistya yang berjudul Friendzone Be Like sudah tersedia di Spotify.

Terakhir DJ yang juga terlibat saat pembuatan RUU permusikan ini memberikan harapannya untuk industri DJ di Indonesia. "Sebenarnya udah ada beberapa DJ di Indonesia yang memiliki kualitas yang tidak kalah dengan DJ luar. karena jumlah DJ di negara kita kan banyak banget. Harapannya, semoga industri DJ di Indonesia sama kayak diluar , lebih lihat ke skill daripada packaging"  (MAr.)

Bottom Ad [Post Page]