Post Page Advertisement [Top]

Rio Motret
Jakarta - Maraknya kemajuan teknologi membuat kita lebih leluasa dalam menggali ilmu. Seperti dalam halnya Fotografi, lebih banyak fitur yang kita dapatkan untuk kebutuhan kita dalam dunia Fotografi. Tetapi, dengan adanya kemajuan teknologi pun membuat kita membutuhkan pengeluaran yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan kita, apalagi bagi para pemula yang ingin mempelajari dunia fotografi. Tetapi tidak bagi Rio Wibowo yang terkenal dengan Rio Motret. Rio berpendapat dalam dunia Fotografi, jenis kamera tidak mempengaruhi kualitas gambar dalam hal kejernihan maupun ukuran.


Rio berpendapat bahwa semua kamera sama saja untuk kebutuhan fotografi. Walaupun begitu, Rio
beranggapan bahwa kamera zaman sekarang lebih banyak fitur yang dapat memenuhi kebutuhan kita dalam dunia fotografi. Ia juga berpendapat bahwa hal tersebut bergantung pada fotografer itu sendiri, apalagi dalam hal ilmu seperti bagaimana kita mengetahui Exposure, White Balance, ISO, Focal Length, Shutter Speed dan lainnya."Sebenarnya dari segi fotografinya sama aja sih, yang penting kita ngerti bagaimana mengatur Exposure, White Balance, ISO, dan Shutter Speed, itu sih yang paling diutamain" Jelasnya.

Rio juga menjelaskan bahwa penggunaan kamera Mirrorless maupun DSLR berbeda. Ia berpendapat, kamera tersebut bergantung pada kebutuhan yang akan ia pakai. Rio biasanya menggunakan Kamera mirrorless untuk acara - acara seperti Event maupun saat traveling, dengan alasan karena lebih compact dan ukurannya yang kecil sangat mudah untuk dibawa. Berbanding terbalik dengan DSLR yang ia pakai untuk project besar seperti Studio Photography. "Tergantung sih, kalo kita di Event kalo memang butuh barang yang kecil - kecil ya Mirrorless, soalnya kan lebih compact gitu apalagi kalo traveling, tapi kalo buat kebutuhan produksi yang lebih gede seperti studio itu kita pakai DSLR".

Selanjutnya, Rio juga beranggapan bahwa Fotografer yang bermodalkan smartphone bisa dijadikan profesi. Tetapi, karya yang dihasilkan tidak disarankan untuk dicetak, karena, kualitas yang dikeluarkan dalam suatu Smarphone tersebut tidak sebagus dengan kamera DSLR maupun Mirrorless. Tetapi Rio beranggapan bahwa fotografer Smartphone bisa berkarya dan mempostingnya lewat Sosial Media."berkarya pun kita bisa di sosmed Maupun di posting, cuma buat di print, mungkin kualitasnya gak sebagus kamera Mirrorless maupun DSLR" ujarnya.

Dalam hal Underwater Photography, Rio tidak mengambil pusing untuk lebih fokus ke hal tersebut. Ia beranggapan bahwa dalam hal fotografi dalam air tetap memakai gear/peralatan yang sama. Walaupun begitu, ia menjelaskan untuk mengabil Underwater Photography pun juga harus memakai casing pada kameranya untuk menghindari kerusakan pada kamera. "foto dalam air kebetulan aku gak terlalu fokus sih, cuma yang pasti kamera tetep sama tapi harus ada casingnya" Sarannya.

Rio mengaku dengan semakin majunya teknologi pada suatu kamera membuatnya merasa terbantu untuk menghasilkan gambar - gambar yang bagus, seperti dengan kamera dengan ISO yang sangat tinggi. Rio tidak perlu bersusah payah memakai cahaya lampu studio, dan hanya memakai available light atau ISO yang lebih pada kamera pun membuatnya puas dengan hasil karyanya. "kamera sekarang kan fiturnya lebih canggih, sebenarnya kan memotret itu kan yang penting cahayanya, gak harus dari lampu studio saja, dengan ISO yang tinggi pun sudah membuat kita lebih berkarya lagi" jelasnya.


Rio menjelaskan lagi bagaimana menentukan angle sebuah foto. Ia menganggap bahwa dalam menentukan angle sebuah foto terkadang susah maupun gampang. Oleh karena itu, Rio mengatakan  seorang fotografer perlu berlatih dengan angle - angle terebut agar mendapatkan sense yang tinggi. "Sebenernya angle itu susah - susah gampang sih, makanya seorang Fotografer itu dituntut untuk pintar mencari angle, makanya sebelum kita terjun lebih profesional lagi, kita banyak berlatih lagi dengan angle itu, jadi, sense kita pun jadi tinggi dan terbiasa dengan angle - angle tersebut, jadi kita cukup lihat oh dia kalo nengok kanan nengok kiri aja udah tahu oh anglenya yang bagus darimana gitu".

Terakhir , Rio membocorkan sedikit tentang projek Alkisah miliknya, menurut Rio tahun ini akan ada tema baru yang sedang diusung soal Alkisah , namun ia masih belum bisa memberitahu lebih lanjut tentang projeknya tersebut. "Masih belum bisa dipublikasikan yang pastinya ada. Tunggu aja" (MAw)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Bottom Ad [Post Page]