Post Page Advertisement [Top]

Ussy Sulistiawaty pantang mundur dalam dunia usaha (Photo by Ari Wicaksono)
Jakarta - Aktris Ussy Sulistiawaty memberikan kiat-kiat memulai berbisnis kepada orang yang masih ragu tentang masalah modal, sekaligus bercerita sedikit tentang usaha-usaha yang sedang ia jalankan saat ini. Ditemui di sela-sela kesibukannya di Lurik Coffee and Kitchen di daerah Kemang pada senin (15/4) . Ussy menjelaskan bahwa modal untuk usaha tidak hanya berupa uang saja, melainkan bisa berupa ide dan semacamnya. Uang yang kecil sedikitpun menurut Ussy bisa menjadi sesuatu yang besar, tergantung bagaimana strategi dan cara pengolahan yang benar. 

"Orang mungkin akan ngomong 'dia mah gampang bikin usaha apa, karena ada modal' dulunya modal juga nggak sebesar ini kan waktu aku bikin makeup itu tidak sebesar ini modalnya. Tapi kalau misalnya kalian tidak punya modal, tapi punya ide usaha, kalian itu bisa cari orang yang punya modal tapi nggak punya ide. Misalnya, kayak aku. Aku berteman dengan banyak orang , berteman itu jangan cuma asal kongkow, nggak jelas , gosip, kita harus lihat 'oh ternyata teman aku ini misalnya punya modal nih, aku tinggal kasih proposal, gua pengen bikin ini nih , mau nggak jadi investor, kalau kalian yang tidak punya modal' jadi cari peluang usaha itu dimanapun , mungkin aja misalnya oke aku cuma punya modal seberapa perak, tapi pengen bikin nih sesuatu yang memang lebih besar. Coba aja dulu misalnya jual online dulu dirumah, online keuntungannya dapet dikunpulin nanti udah makin banyak baru bikin sesuatu yang lebih besar. Jadi jangan cuma berpatokan 'gua bikin usaha tapi harus punya uang banyak' nggak juga gitu.  Uang sedikit apapun juga bisa jadi sesuatu kalau kita tahu cara mengolahnya"jelasnya. 
Ussy kemudian menceritakan awal-awal saat ia mulai berbisnis. Sebenarnya Ussy memulai bisnis dengan tidak semulus yang dikira banyak orang. Memulai bisnis dari Restoran Jepang , dan bisnis-bisnis lain seperti sepatu dan PH, Ussy baru mulai menuai hasil yang cukup memuaskan dari bisnis kosmetik yang ia beri label Dissy Cosmetics. 

"Buka bisnis sih sebenarnya udah lama banget. Aku tuh pernah punya restoran Takigawa dulu di Grand Indonesia, restoran jepang itu 2007 sampai 2011. Aku jual Takigawa dengan harapan aku tuh pengen bikin restoran Indonesia, tapi nggak pernah kejadian akhirnya uangnya keburu habis kemana-mana, Terus tahun 2011 itu aku bikin bisnis sepatu , sepatu juga aku jual itu bahan-bahannya di 2013 , karena aku mau bikin bisnis makeup , jadi 2013 itu aku pertama kali launching tuh di awal-awal 2014 ya , jadi prosesnya dari 2012, 2013 berproses pembuatan makeup Dissy Cosmetics. Dissy Cosmetics itu awalnya sebenarnya yang orang mulai tahu aku berbisnis malah dari Dissy Cosmetics"ceritanya

Pelantun lagu klik yang booming 1 dekade silam ini melebarkan sayap usahanya dari yang hanya bisnis kosmetik , ke bisnis kuliner dan property. Baru-baru ini Ussy membuka usaha Dissy Pamulang melengkapi Dissy Desari yang sebelumnya sudah ada. Untuk bisnis kuliner , Ussy sudah mencoba segala jenis masakan dan tema restoran dan tersebar di beberapa kota di Indonesia. 

"Jadi kalau di pamulang itu awalnya tuh kontrakan aku, ada 20 pintu kontrakan terus yaudah males kalau nagih-nagih terus, lahannya aku bikinin perumahan. Jadi, namanya Dissy Pamulang. Kalau kuliner, dua tahun lalu itu awalnya kue-kue dulu malah, di Medan Bolu Toba Medan, di Batam Zapin Batam, terus ada  Cirebon Kelana di Cirebon. kalau tahun kemarin aku bikin Lurik Coffe Kitchen di Kemang Village, ini konsepnya Indonesian Food , sebenarnya masakan yang ada di rumah aku di bawa kesini, dari sini aku buka Bakoel Ussy di Dewi Sartika, Cawang itu Restoran Sunda yang ngambil-ngambil gitu , kalau satu lagi itu baru buka satu di Cipete, Yummieeh Ussy,  itu Mie Ayam dan Dimsum"lanjutnya.

Aktris yang tahun ini kembali memasuki dunia seni peran dengan film terbarunya, Lukisan Ratu Kidul yang telah tayang beberapa minggu ini menuturkan bahwa semua usaha yang ia jalankan saat ini adalah apa yang ia juga suka jalani di kehidupan sehari-hari. Ia pun mengutarakan untuk tidak akan memulai usaha yang ia tidak tahu bidangnya. 

"Pemilihan bidang-bidang (usaha yang aku jalani) berdasarkan yang aku suka, kayak misalnya makan, aku suka makan, suka kuliner kemana-mana yaudah bikin aja. Kalau kosmetik , karena aku memang suka bermakeup jadi yaudah aku bikin. property karena aku ada lahan daripada jadi kontrakan terus makanya aku bikin property. Jadi aku tidak pernah bikin sesuatu yang aku nggak tahu, yang aku tuh buta sama bidangnya"ungkapnya.

Meskipun memiliki label sebagai artis, tidak serta merta membuat Ussy bersantai dalam usaha yang ia miliki, ia tetap menjaga benar semua kualitas dan pelayanan dari usaha yang ia bangun agar bisa stabil dan lebih baik dari kedepannya. 

"Aku selalu berusaha memberikan yang terbaik dari segi rasa, pelayanan. Aku nggak mau ada miss. Jadi jangan cuma karena label aku seorang artis, terus aku buka dan asal-asalan . Aku nggak mau kayak gitu. Jadi justru karena ada label artisnya itulah nggak boleh asal-asalan sama sekali, karena kalau sampai ada miss sedikit aja, langsung nama kita jelek"jelasnya. 

Memiliki usaha yang sangat banyak, membuat Ussy harus memutar otak demi menjaga kualitas terbaik tersebut agar paling tidak , tidak terjadi penurunan kualitas dari segi rasa dan pelayanan. 

"Kesulitan punya usaha yang banyak ya itu, mungkin sumber daya manusianya yang memang harus kita cari bener-bener bagus, , terus menjaga kualitas itu susah loh. jaga kualitas itu harus stabil itu
agak susah , Jadi itu yang agak sulit makanya sebisa mungkin aku agak bawel di masalah rasa dan pelayanan"ucapnya.


Beruntung sekarang Ussy sudah bisa lebih percaya pada karyawan-karyawan dan orang yang membantu Ussy ini, karena menurut Ussy saat ini semakin kesini semakin meningkat kualitas dari karyawan yang dimiliki Ussy sehingga menumbuhkan rasa percaya dari Ussy akan rasa dan pelayanan yang terjaga. Meski begitu, Ussy tetap sekali mengontrol usahanya tersebut agar semua tetap terkendali. 

"Aku sekarang cuma pegang bisnis kuliner, kosmetik dan property, cara baginya ya bisa-bisa aja karena kan banyak karyawan yang membantu, banyak staff yang bantu aku tinggal kontrol. memang kalau awal-awal aku masih terjun langsung, semakin kesini, semakin enak ya karena karyawan semua sudah bisa bekerja dengan baik, jadi aman"leganya. 
Ussy kemudian menjelaskan bahwa akan semakin melebarkan sayapnya di dunia usaha, meski belum punya spesifik , namun ia memiliki rencana untuk membuka franchise di beberapa tempat kedepannya.

"ya mungkin aku akan buka beberapa cabang lagi , ntah franchise ntah cabang kedua, cabang ketiga gitu" ucapnya sambil tersenyum 

Semoga kita bisa sama-sama belajar dari Ussy Sulistiawaty bahwa kegagalan bukan alasan untuk mundur dan terus berkarya. (MAr.)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Bottom Ad [Post Page]