Post Page Advertisement [Top]

Founder dari kast STUDIO, Nindita. - Instagram :
@nindita
Jakarta - Saat ini mulai tumbuh beberapa wirausahawan muda di pasar dengan berbagai jenis usaha yang ditawarkan. Mereka mulai melihat peluang bisnis yang mumpuni dalam beberapa langkah ke depan. Salah satu dari sekian banyak anak muda yang sedang menggeluti bidang wirausaha adalah Nindita Andini, Wanita yang memiliki background Teknik Industri dari Atma Jaya ini mengaku alasan utama untuk terjun ke dunia wirausaha adalah demi efisiensi waktu. "Karena saya aware akan banyak potensi yang saya lewatkan jika saya hanya menjadi karyawan biasa atau melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Selain itu, menjadi karyawan sangat menyita waktu sehingga tidak ada kesempatan lagi untuk saya dalam mengeksplor diri saya, mengeksplor apa yang menjadi interest saya"


Nindita kemudian menjelaskan bahwa kesuksesan tidak selalu bergantung pada program pendidikan yang sebelumnya kita ambil "Background aku sebenarnya nggak nyambung sama apa yang aku kerjain sekarang , cuma ilmu nggak cuman bisa diserap dari kuliah saja, dan sukses atau tidaknya pekerjaan nggak selalu harus dari kesesuaian antara sarjana yang kita punya"  Lebih lanjut Wanita yang memilih jenis usaha Studio Foto ini mengaku kagum dengan para wirausahawan, terutama karena mereka berani mengambil resiko dalam menentukan pilihannya dan bisa membuka lapangan pekerjaan. "Saya salut dengan wirausahawan karena seorang wirausahawan memiliki pendirian dan standar yang kuat, serta berani untuk mengambil resiko. Lebih baiknya lagi jika seorang wirausahawan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi yang lain" 
Nindita kemudian membagikan sedikit pengalaman manis dan pahitnya saat mengelola usaha. "Pengalaman mulai dari diremehkan sama orang tua dan keluarga sendiri karena generasi mereka nggak paham konsep "Studio foto" sekarang itu seperti apa. Lalu pengalaman yang menyenangkan kalau ketemu client yang menyampaikan feedback positif setelah menggunakan studio. Paling senang kalau client hasil fotonya bagis, tiba-tiba nge tag @kast.studio di Instagram tanpa diminta"


Membangun suatu usaha tentu memiliki banyak masalah, terutama modal usaha . Namun ternyata bagi Nindita masalah yang dimiliki sebelum membangun usaha tidak hanya sebatas modal saja. "Menurut saya kendala paling besar sebelum memulai usaha adalah keraguan diri saya sendiri. Mengingat ketika usaha sudah diputuskan untuk berjalan , maka tidak ada lagi kata mundur, serta tanggung jawab dan resiko besar yang setelah itu akan saya hadapi"  
Beberapa resiko besar yang mungkin dihadapi oleh Nindita dalam usaha Studio Fotonya adalah kerusakan property dan kalah saing dengan usaha sejenis. "Resiko yang memungkinkan terjadi pada saat usaha adalah kerusakan alat-alat yang ada di studio yang menjadi investment dari studio itu sendiri. Selain itu, resikonya adalah kekalahan dalam promosi ketika studio lain dapat memberikan service yang serupa atau mirip dengan harga yang lebih murah" Akan tetapi mengenai poin kalah saing dengan jenis usaha yang sama tampaknya tidak berlaku untuk Jenis usaha yang sedang ditekuni oleh Nindita. Kepada Hey! Journal, secara optimis Nindita membeberkan beberapa kelebihan kast studio , usaha Studio Foto miliknya ketimbang jenis usaha sejenis. "Yang menjadi keunggulan kast studio adalah kast studio memiliki kedua jenis spot foto, yaitu backdrop polos , dan ruangan tematik. Dimana studio lain hanya memiliki salah satu dari hal tersebut. Selain itu. properti di kast studio juga bebas dipindahkkan dan diset sesuai kemauan client, sehingga hasil foto tidak monoton (set tidak sama terus)"
Banyak sekali anak muda yang mau memulai  berwirausaha namun mereka malah terombang-ambing antara penggunaan uang pribadi dan uang usaha. Namun, Nindita memiliki cara tersendiri untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya dengan mengalokasikan uang sebaik mungkin. "cara mengatur keuangan adalah dengan memisahkan pemasukan uang yang saya dapat. Setiap saya mendapatkan pemasukan dari bisnis saya, saya mengambil gaji untuk saya sendiri setiap bulan dan memisahkan uang tersebut. Sehingga yag saya gunakan sehari-hari adalah gaji untuk diri saya sendiri, sedangkan sisa uangnya disimpan"  
Nindita kemudian berpesan untuk para anak muda yang ingin memulai usaha. Terutama bagi mereka yang masih ragu saat memulai usaha "Pesan aku harus tingkatin awareness sama apa yang lagi in trend, apa yang lagi diminati oleh orang banyak. Selain itu, aklau mau berwirausaha juga harus sesuai sama interest diri sendiri , serta knowledge kita apakah sudah cukup atau belum. Koneksi di bidang itu juga harus dipertimbangkan, apakah sudah ada atau belum. Kalau resiko nggak diambil, nggak akan ada hasil juga. Mau nggak mau pasti harus ambil resiko.. Jadi pikirkan matang strateginya, supaya keraguan bisa berkurang"

View this post on Instagram



Terakhir , Nindita Andini memiliki harapan untuk anak muda agar bisa berani untuk terjun ke dunia usaha dengan membuka usahanya masing-masing agar pekerjaan tidak selalu monoton dan balik lagi Nindita juga memberikan pandangannya pribadi tentang kesuksesan. "Harapan aku supaya anak muda sekarang jangan takut buat berwirausaha, pekerjaan nggak harus monoton , serta kesuksesan nggak bisa dinilai dari memiliki penghasilan tetap. Sama jangan pernah meremehkan usaha yang dimiliki orang lain" (MAr.)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Bottom Ad [Post Page]