Post Page Advertisement [Top]


Pamela Aigan (Doc. Pribadi)

Jakarta - Selebgram cantik yang kehadirannya sering menghipnotis kaum Adam, Pamela Aigan memberikan tips supaya bisa mengendalikan keuangan, di tengah gaya hidup yang senantiasa menghipnotis para remaja dan kawula muda dalam membelanjakan uangnya untuk beberapa barang mewah yang mahal.  Pamela pribadi lebih mengutamakan untuk menahan sejumlah pengeluaran dengan memberi jatah jajan saat sedang hari hedon atau shopping day agar bisa tepat sasaran digunakan untuk sesuatu yang sangat ia butuhkan. "Biasanya aku beli yang aku perlu saja, bukan yang lagi aku pengen. Sama aku ada jatah jajan sendirian buat lagi hari hedon atau shopping day. Terus targetin satu bulan maksimal keluar berapa?. Kalau hari ini sudah boros diusahakan beberapa hari kedepan lebih hemat" 


Cara menahan pengeluaran seperti yang sebelumnya disebutkan,  juga berlaku saat Pamela sedang mengidamkan barang yang sangat ia suka dan kebetulan menemukan barang tersebut di saat dirinya sudah mengeluarkan cukup banyak biaya di waktu yang bersamaan, terlebih jika ia sebelumnya sudah membeli jenis barang yang sama. "Ya, kalau aku memang sudah lama mengincar barangnya aku beli sih, tapi balik lagi ke keuangan aku. kalau baru beli barang yang jenisnya sama , (misalnya sepatu) yang agak pricey , pasti aku hold dulu beli barang itu" 




Saat menjalani pola hidup menahan pengeluaran ini, Pamela mengaku bahwa ia sedih saat diharuskan menahan pengeluarannya, namun balik lagi, ia merasa itu penting untuk dirinya dan ia bahkan sampai pernah membawa cash secukupnya saat berpergian tanpa debit / kartu kredit. "Selalu sedih kalau lagi tahan pengeluaran hehehe. Tapi , aku pernah sengaja tinggalin debit / kredit card dan bawa cash secukupnya. Jadi meskipun udah pengen banget tetap nggak bisa beli barang itu"

Meskipun sudah melakukan pola menahan diri dalam pengeluaran , namun sifat manusia yang terkadang sulit menahan nafsu saat melihat barang yang menarik perhatian , membuat kita suka lupa akan apa yang dibutuhkan. Bagi Pamela, Jika sudah terlanjur membeli barang yang akhirnya jarang terpakai, Pamela lebih memilih untuk menjual barang tersebut atau menyumbangkannya. "Sering juga sih beli barang yang akhirnya malah nggak kepake, atau pake cuma awal-awal doang apalagi baju. Biasanya sih aku diemin aja. kalau ada yang mau beli aku preloved in. atau dikasih ke saudara atau disumbangin barangnya, hehehe" 
Pamela kemudian berpesan kepada anak muda hal yang harus dilakukan agar bisa punya keuangan yang stabil. Menurut Pamela, hal yang harus diperhatikan adalah anak muda perlu memasang target pemasukan dan sebaiknya membeli sesuai kebutuhan agar pengeluaran terkendali, disamping itu anak muda juga sebaiknya menyisihkan pendapatan mereka untuk simpanan masa depan. "Aku sendiri belum teratur sih (dalam mengontrol keuangan), cuma saran aja. Aku sering banget lihat teman-teman aku yang suka impulsif. Beli barang cuma karena lagi pengen, atau punya uang satu juta langsung dihabisin satu juta, terus pada akhirnya mereka yang susah sendiri Menurut aku perlu banget anak muda punya simpenan uang kalau mau keuangan yang stabil. Perlu ada target pemasukan kalau emang mau hedon. Kalau bisa selalu ditabung 15% dari pemasukan mingguan atau bulanan di ATM terpisah" (MAr.)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Bottom Ad [Post Page]